Perbedaan sosial antara generasi X dan generasi Z

BAB 1
Pendahuluan
      1.1 Latar Belakang
Perubahan sosial adalah perubahan yang terjadi pada sikap,pola pikir,norma atau yang lainnya kepada kelompok atau masyarakat tertentu.Perubahan ini akan terus kita alami karena pada dasarnya memang kita akan terus berubah mau ke arah yang baik atau buruk, ada juga yang mengalami perubahan dengan cepat dan ada juga yang mengalami perubahan tetapi tidak secepat yang lainnya.
                                           
Seperti kata Karl Marx perubahan sosial ini terjadi karena perkembangan teknologi-teknologi yang terus meningkat dan perubahan dari segi produktivitas.lalu ada juga menurut Samuel Koenig perubahan sosial adalah perubahan yang terjadi pada pola pikir kehidupan masyarakat yang terus berkembang.
Generasi Z adalah generasi yang sudah sangat melek dari Teknologi mereka lahir di tahun 1995-2010. Saya membahas generasi ini karena saya lahir di generasi ini dan generasi ini dari kecil sudah terbiasa dengan melihat orang bermain gadget.Pada generasi ini juga menghargai keberagaman,senang berbagi dan ingin terlibat dalam perubahan.Generasi ini juga tidak usah repot untuk diajarkan karena generasi ini akan mempelajari sendiri kebutuhan mereka yang diperlukan.                         
Seperti menuru Hellen Katherina generasi Z ini adalah generasi masa depan karena penting bagi kita untuk mempelajari,berdapatasi  dan memahami perilaku mereka.

Generasi X pada awalnya adalah generasi yang “nakal” karena pada generasi ini baru muncul teknologi,MTV dan Video games sangat popular pada generasi ini.Generasi ini dikenal nakal karena ada budaya anti-kemapaman atau tidak mau sukses.Generasi ini juga dikenal sebagai generasi yang pada masa mudanya banyak sekali pemborosan yang dilakukan atau mereka dapat berpesta berhari-hari karena pada generasi ini mereka belum mengenal ponsel dan jika ingin bertemu mereka akan melakukan pertemuan yang sangat besar dan akhirnya mengadakan pesta.                     
  Menurut ahli Jane Deverson sebagian besar generasi ini terdapat tingkah laku negatif seperti tidak patuh terhadap orang tua,mulai mengenal music Punk dan mulai mengenal narkoba.

Penulis tertarik dengan menulis tentang perbedaan sosial antara generasi x dan generasi Z karena menurut banyak orang generasi Z atau generasi muda jaman sekarang banyak terdapat masalah dan sangat tidak peduli dengan lingkungan sekitar karena gadget mereka, dan mereka sibuk dengan lingkungan mereka sendiri.Generasi X adalah generasi jaman kini yang membuat mereka menilai kalau generasi Z adalah generasi yang banyak masalah.

     1.2 Rumusan Masalah
-        -Apa perbedaan sosial antara genersi X dan generasi Z ?
-      -Apakah generasi Z adalah generasi yang dapat banyak masalah?
-      -Jelaskan Perubahan sosial yang terjadi antara generasi X dan generasi Z

     1.3 Tujuan
-      -Untuk mengetahui perbedaan antara generasi X dan generasi Z
-    -Untuk mengetahui generasi Z adalah generasi yang lebih buruk dibandingkan generasi X
-    -Untuk Mengetahui perubahan yang terjadi antara generasi X dan generasi Z    
  
 1.4 Manfaat
-      Agar pembaca mengetahui perbedaan antara generasi X dan generasi Z
-     -Agar pembaca mengetahui kalau generasi Z adalah generasi yang lebih buruk dibandingkan generasi  X
-     -Agar pembaca dapat mengetahui perubahan yang terjadi antara generasi X dan generasi Z.


BAB 2
STUDI PUSTAKA
  2.1 Perbedaan Sosial
          Pembedaan penduduk masyarakat ke dalam golongan atau kelompok tertentu secara tidak bertingkat.penggolongan ini tidak menunjukan tingkatan seperti golongan ras, agama, jenis kelamin dan lainnyan.
     Menurut para ahli Robert. M.L Lawang perbedaan sosial adalah ketika dalam suatu sistem terdapat perbedaan yang dapat diukur dalam kurun waktu tertentu.
  2.2 Generasi X
          Generasi tahun ini lahir sekitar tahun 1965-1980. Tahun-tahun ini merupakan awal dari penggunaan PC (personal computer),video games, tv kabel, dan internet. Masa MTV dan video games sangat digemari pada jaman tersebut.
   Menurut Jane Deverson sebagian besar generasi ini memiliki tingkah laku negative seperti tidak menghormati orang tua, mulai mengenal music Punk, dan mencoba menggunakan narkoba (https://dosen.perbanas.id/teori-generasi/)

  2.3 Generasi Z
        Generasi ini adalah generasi yang lebih cepat dalam mengakses informasi bahkan dari usia anak-anak. Sejak kecil generasi ini sudah diperkenalkan dengan teknologi-teknologi masa kini, yang membuat generasi ini dikenal dengan generasi digital. Generasi ini juga cenderung melakukan hal yang berbarengan atau multitasking.Generasi ini juga sangat suka dengan sesuatu yang cepat seperti mengerjakan tugas sekolah melalui internet.
   Menurut Tuhana Taufiq Andrianto diperkirakan akan terjadi booming di generasi Z sekitar tahun 2020 yaitu mereka akan sangat mengandalkan aktifitas-aktifitasnya dengan gadget berformat digital. (http://rubik.okezone.com/read/39201/mengenal-generasi-z)


  BAB 3
Metode Penelitian
3.1 Jenis Penelitian                                                                                                                      Jenis penelitian dibagi menjadi 2 yaitu penelitian kualitatif dan kuantitatif. Metode penelitian Kuantitatif adalah jenis penelitian yang terdapat sistematis,terencana, dan terstruktur dengan jelas sejak awal. Atau arti lain dari kuantitatif adalah jenis penelitian yang terdapat banyak penggunaan angka. Penelitian Kualitatif adalah penelitian yang digunakan pada populasi, pengumpulan data menggunakan analisis data bersifat statistic atau arti lainnya adalah penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata dari orang yang perilakunya diamati.

3.2 Metode Penelitian
Dalam karya ilmiah saya, saya menggunakan jenis penelitian kualitatif. Jenis penelitian kualitatif adalah jenis penelitian yang menghasilkan data deskriptif yang berupa kata-kata dari orang yang perilakunya sudah diamati dan penelitian ini jenis penelitian ini cenderung menggunakan analisis. Alasan saya menggunakan jenis penelitian kualitatif karena jenis penelitian ini cocok dengan judul karya ilmiah saya dan cara mendapatkan informasinya bisa menggunakan cara wawancara atau dengan menggunakan angket.

3.3 Teknik pengumpulan data
            Dalam karya ilmiah, saya menggunakan Angket semi terbuka (kuesioner). Angket adalah penelitian yang menggunakan daftar pertanyaan untuk menerima jawaban dari responden.
Terdapat 3 jenis angket :

3.3.1 Angket Terbuka
Angket terbuka adalah daftar pertanyaan dan responden diberi kesempatan untuk menjawab pertanyaan secara bebas dengan kalimatnya sendiri.

3.3.2 Angket Tertutup
            Angket tertutup adalah angket yang jawabannya sudah disediakan , sehingga respon hanya tinggal memilih jawaban yang sesuai.

3.3.3 Angket Semi Terbuka
            Angket semi terbuka adalah angket yang terdapat pertanyaan sehingga responden dapat memilih jawaban sebebasnya dan angket ini juga terdapat daftar pertanyaan yang sudah tersedia jawabannya sehingga responden hanya tinggal memilih jawabannya.

         Alasan saya memilih angket semi terbuka karena agar reponden atau para objek penelitian bisa memberikan jawaban yang lebih bebas tapi bisa juga kita arahkan ke jawaban yang sesuai agar jawaban para responden tidak jauh-jauh dari pertanyaan yang saya berikan.



Komentar

Posting Komentar