pokok-pokok pembicaraan

Halo semua,kali ini gua akan merangkum pelajaran indonesia tentang pokok-pokok pembicaraan.

Dari kita di sekolah dasar hingga sekolah menegah atas pasti ada yang namanya pelajaran bahasa indonesia.kita mulai belajar dari cara menulis surat atau mempelajari apa itu anekdot.
tapi sebenarnya kita dari dulu hanya belajar 4 ketrampilan inti yaitu :

 1.Berbicara
 2.Menyimak
 3.Membaca
 4.Menulis

Apakah kalian tau sebenarnya menyimak,mendengarkan,dan mendengar adalah sesuatu yang berbeda? Kali ini gua akan menjelaskan apa perbedan Menyimak,Mendengar,dan Mendengarkan.

1.Menyimak : meyimak adalah kita mendengarkan dan mengerti maksud yang ingin disampaikan orang tersebut.
contohnya : jika kalian ingin mengerti apa yang diajarkan guru tersebut kita harus fokus agar mengerti pelajaran yang disampaikan.

2.Mendengar : mendengar adalah penjelasan yang hanya lewat saja tanpa kamu.kita hanya   mendengar tapi tidak mengerti atau tidak memahaminya.Contoh : suara-suara                   kendaraan yang lewat kita mendengar tapi tidak mempedulikannya atau guru yang               sedang menjelaskan tapi kalian tidak mendengarkan yang menyebabkan masalah     seperti tidak bisa mengerjakan soal ulangan yang diberikan.Setiap masalah pasti ada           penyebabnya,ada 2 Faktor yang menyebabkan kalian tidak mendengar atau                                 mempedulikan apa yang dibicarakan yaitu :

1.Faktor dari dalam : faktor tersebut terjadi karena dalam diri kita karena kita mungkin         sedang memikirkan hal-hal lain atau kalian bergadang sampai malam yang membuat         kalian menjadi ngantuk ketika sedang dijelaskan.
 2.Faktor dari luar : faktor ini disebabkan oleh lingkungan dan aktifias yang terjadi di                 sekitar kita.contohnya : guru sedang menjelaskan teman kita ngajak ngomong.

3.Mendengarkan : adalah mendengar dan mau mengerti apa yang dimaksud orang tersebut.   contohnya : jika kita ingin mengerti apa yang dimaksud guru kita harus                                       mendengarkan pelajaran yang diberikan oleh guru tersebut.

semoga kalian menyimak apa yang dimaksud oleh saya hehe.4 ketrampilan yang tadi saya bilang sebenarnya terbagi menjadi 2 bagian utama yaitu Bahasa dan Sastra.
Sastra juga mempunyai 2 unsur dan dibagi lagi menjadi 2 bagian.Bagian dari sastra adalah Drama dan Cerpen.Unsur dari sastra ini yaitu :

-Unsur intrinsik yaitu faktor yang dari dalam itu sendiri seperti yang berisikan tema,latar,alur,tokoh,amanat,dsb
-Unsur ekstrinsik yaitu faktor dari luar bagian ini seperti berisi latar belakang pengarang atau latar belakang penulisan tersebut.

Setelah gua udah membahas tentang pokok menyimak,gua akan membahas pokok berbicara,berbicara ini mempunya inti yaitu Pokok Pembicaraan.saat orang lain berbicara kita tau inti orang dari pembicaraan tersebut.

Contohnya ; Mamat Alkatiri adalah seorang Stand Up Comedy.Ia mempunyai tubuh yang pendek,Komika yang lucu (Komika adalah satu genre profesi pelawak yang pelawaknya kadang disebut dengan komika),ketika stanp up dia juga sering mengkritik halus tentang Indonesia karena dia sangat mencintai negrinya.Ia pernah berkata.
"Rambut kriting,Kulit hitam,Papua juga Indonesia"
Dari contoh di atas inti dari pembicaraan saya adalah Mamat Alkatiri.Semoga bahasan saya kali ini bermanfaat bagi kalian,
Sekian dari saya terima kasih :)
 




Komentar