Cornelis De Houtman

Halo semuanya kali ini saya akan bahas lebih lanjut tentang Cornelis de Houtman

Cornelis De Houtman yang awalnya dikirim oleh pedagang Belanda ke Lisboa untuk menemukan sebanyak mungkin informasi mengenai pulau rempah-rempah dan pada saat kembali para pedagang memutuskan bahwa Banten menjadi pulau rempah-rempah.dan pada tanggal 2 April 1595 empat kapal meninggalkan Amsterdam.Pada tanggal 27 Juni 1596 ekspedisi Houtman tiba di Banten,pada awalnya penduduk Banten menerima dengan baik tetapi beberapa awak dari Belanda menunjukan perlakuan yang kasar sehingga Sultan Banten dan beberapa petugas Portugis mengusir mereka.

Pelayaran mereka berlanjut ke utara pantai Jawa,kapal mereka takluk ke pembajak dan beberapa awak ada salah pengertian saat di Madura yang menyebabkan salah satu pangeran Madura tewas terbunuh sehingga beberapa awak ditahan sehingga de Houtman harus membayar untuk membebaskan mereka.

Kapal mereka lanjut untuk berlayar ke Bali dan berhasil menemui Raja di Bali dan mendapatkan beberapa pot merica tetapi kapal-kapal tersebut dilarang berhenti oleh portugis untuk mengisi air dan bahan-bahan.dari 249 awak yang berhasil pulang hanya 87 awak.

Cornelis De Houtman tewas dalam ekspedisi keduanya di atas geladak kapal Aceh saat pertempuran dengan pasukan Inong Balee yang dipimpin oleh Malahayati tanggal 11 September 1599.

Meski Perjalanan ini dibilang gagal tapi dapat dianggap sebagai kemenangan bagi Belanda karena setelah itu mulai berdagang ke daerah timur,dalam 5 tahun kemudian 65 kapal Belanda berlayar ke wilayah tersebut dan bisa disebut memulai penjajahan Hindia Belanda

Komentar